rumus rumus excel dan kegunaannya


 

Rumus rumus ms. Excel

1. Sum

             SUM merupakan rumus untuk menjumlahkan angka yang ada di sel-sel tertentu. Misalnya, saat            akan menjumlahkan angka dari sel A2 sampai A6, maka rumusnya adalah: =SUM(A2:A6)

 

2. If

        Rumus Microsoft Excel kelima cenderung lebih kompleks daripada lainnya. Fungsi rumus IF pada         Mictosoft Excel cukup berperan penting dalam mengidentifikasi data berdasarkan logika tertentu.         Biasanya dalam bentuk benar/salah. Contohnya, saat Anda ingin mengecek apakah angka di A1            lebih besar dari angka di B1. Jika angkanya lebih besar, Anda ingin melihat kata “Benar”, dan jika         lebih kecil, Anda ingin melihat kata “Salah”. Maka rumusnya akan seperti ini:

        =IF(A1>B1; “Benar”;”Salah”)

 

3. Average

Sesuai dengan label yang tersemat, AVERAGE berfungsi untuk menghitung rata-rata angka pada range sel tertentu. Contohnya, ketika Anda sedang menghitung rata-rata nilai mata kuliah yang ada di sel A2 hingga A6, maka Anda bisa menggunakan rumus: =AVERAGE(A1:A5)

4. Counta

        Serupa dengan COUNT, namun pada rumus COUNTA tidak hanya menghitung jumlah sel yang            berisi angka, tapi sel yang berisi apapun. Sehingga, Anda bisa mengetahui jumlah sel yang tidak            kosong. Contohnya, misalkan sel A1 hingga D1 berisi kata, dan sel G1 hingga I1 berisi angka.                Maka, jika dihitung dengan rumus berikut:

        =COUNTA(A1:I1)

 

5. Count

Rumus COUNT pada Excel berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Contohnya adalah data pada sel A1 sampai sel M1 terdapat data angka dan data huruf. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka maka Anda bisa menggunakan rumus ini:

=COUNT(A1:M1)

6. Countif

Rumus COUNTIF adalah rumus Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memiliki kriteria sama untuk kebutuhan sortir data.

Misalkan Anda sedang melakukan survei dan ingin tahu kecenderungan orang membaca berita (Online atau Koran), dari 100 responden, berapa orang yang lebih menyukai membaca berita melalui koran. Jika data responden ada di kolom B2 sampai B101, maka rumusnya adalah:

=COUNTIF(B2;B101;"Koran")

7. Vlookup

Rumus satu ini memang cukup susah dan ribet. Tapi, jika mengerti tujuan dan penggunaan rumus ini, pekerjaan akan lebih mudah dan ringkas. Rumus Excel VLOOKUP digunakan untuk mencari data secara vertikal atau tegak. Dengan rumus berikut:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

8. Sumif

Anda dapat menggunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang Anda tentukan. Sebagai contoh, di dalam kolom yang berisi angka, Anda hanya ingin menjumlahkan nilai-nilai yang lebih besar dari 5. Anda bisa menggunakan rumus berikut: =SUMIF(B2:B25,”>5”)

9. Hlookup

Fungsi atau rumus Hlookup excel ini digunakan untuk mencari nilai di baris paling bawah tabel referensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam kolom yang sama dari sebuah baris yang di tetapkan dalam tabel referensi. Menggunakan fungsi Hlookup hanya jika  nilai-nilai perbandingan berada di baris sebuah data yang ingin ditemukan.
Fungsi ini digunakan untuk melakukan penghitungan yang range datanya disusun secara Horizontal (mendatar), range data bisa di beri nama tertentu untuk memudahkan

Contoh : Hlookup(B2;TABEL;2).

10.mid

            Rumus ini berfungsi untuk mengambil sejumlah karekter di bagian tengah.

Contoh : = mid(A1,4,20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fashio plus

  "Fashion plus”     Jawaban !   Fashion Plus akan menjadi bisnis online yang menyediakan berbagai produk fashion, seperti pa...